Thursday, January 1, 2015

Ini Cara Merawat Adenium

merawat-adenium
CARA MERAWAT ADENIUM -- Tanaman bunga Adenium atau dikenal juga dengan Kamboja Jepang memiliki pesona yang luar biasa. Penggemar Tanaman Bunga adenium sudah sangat banyak dan populer di semua kalangan. Bentuk batang yang membonggol membuat tanaman Adenium alias kamboja Jepang ini dijadikan sebagai tanaman bonsai Adenium.  Keindahan tanaman Adenium ini akan semakin menawan jika mendapatkan perawatan yang baik. Karena itu untuk menghasilkan bunga Adenimum yang baik Cara Merawat Bunga Adenium juga harus benar dan baik.

Tips Merawat Tanaman Adenium


Jika tanaman Adenium ini mendapatkan Perawatan yang baik, tanaman ini akan menghasilkan bunga yang indah dan tidak henti-hentinya. Menurut penghobis tanaman Adenium atau Kamboja Jepang, Cara Merawat Tanaman Adenium tidaklah susah. Berikut ini adalah tips merawat Tanaman Adenium :
1. Tempatkan Pada Sinar Matahari Yang Cukup
Sesuai dengan habitat aslinya di  gurun, adenium menyukai sinar matahari langsung. Semakin tinggi  intensitas dan lama penyinaran, dalam kondisi tanaman sehat, ia akan tumbuh optimal. Percabangannya pun semakin kokoh.

2. Pemilihan Media Tanam Yang Tepat Untuk Adenium

Perakaran sehat menjadi penting dalam merawat adenium. Pilih media tanam porus, tidak mudah mengikat air serta sulit memadat. Campuran pasir malang kasar, pupuk kandang matang,  dan pecahan arang, perbandingan 1:1:1 adalah kombinasi bahan media terbaik. Khusus media pasir, cuci pasir terlebih dahulu hingga bersih  dan terbebas dari lumpur dan tanah sebelum dipakai.

3. Bisa Menggunakan Media Kompos Untuk Menanam Adenium
Kompos dapat dipakai sebagai media dengan syarat harus benar-benar matang. Tambahkan kapur dolomit  secukupnya bila kompos tersebut dipakai supaya derajat keasaman (pH) media tanam berkisar antara 7-7,5

4. Repotting Tanaman Adenium  Pada Waktunya

 Saat melakukan repotting atau penggantian media, buang sebagian akar adenium yang halus, lantas letakkan tanaman tersebut di tempat teduh selama sepekan hingga lukanya sembuh. Tanam kembali memakai media tanam kering. Penyiraman dapat dilakukan sepekan berikutnya dan letakkan adenium di tempat dapat memperoleh sinar matahari penuh.

5. Penyiraman  Adenium Secara Teratur
 Penyiraman teratur memikliki pengaruh yang  besar terhadap pertumbuhan adenium. Jika tanaman sehat, penyiraman dapat dilakukan setiap hari. Salah satu ciri tanaman sehat adalah daun baru terus bermunculan dan segar. Kuncup bunga juga bermunculan. Saat itu tanaman memerlukan air cukup banyak. Saat cahaya matahari penuh, penyiraman dilakukan hingga air menetes keluar lubang pot. Sebaliknya, bila tanaman tidak sehat, penyiraman cukup sepekan sekali.

6. Pemupukan Adenimum

Saat pemupukan, pilih pupuk slow release seperti Osmocote, Dekastar, dan Magamp sesuai dosis.  Gunakan pula pupuk berkadar fosfor (P) dan kalium (K) tinggi untuk merangsang adenium rajin berbunga.

7. Pemangkasan Tunas Adenium

Lakukan pemangkasan ujung tunas adenium dikombinasi pemangkasan cabang secara teratur dengan pola cabang 1-3-9. Usahakan tidak terdapat cabang yang tumpang-tindih sehingga tajuk rapi dan terlihat kompak.

Tanaman Bunga Adenium memiliki keindahan yang luar biasa, selain bunga yang keluar dari tanaman Adenium ini sangat indah, bonggol batang adenium juga unik bisa dijadikan tanaman bonsai.

1 comments:

Unknown said...

Silahkan mengunjungi blognya orang yang suka berkebun. Tentang semua jenis tanaman anggrek, cara merawat, dan lainnya. Ada tanaman GRATIS setiap minggunya http://www.anggrek.id/

Post a Comment