Thursday, March 26, 2015

Cara Berkebun Di Lahan Sempit

berkebun-lahan-sempit
CARA BERKEBUN DI LAHAN SEMPIT -- Siapa bilang berkebun harus menggunakan lahan yang luas? Sahabat berkebun, ternyata kita bisa melakukan aktifitas berkebun meski di lahan yang sempit. Namun kita harus jeli dan pandai-pandai dalam melakukan aktivitas berkebun di lahan yang sempit. Beberapa orang mengaku malas berkebun karena alasan tidak punya lahan yang cukup luas. Padahal, lahan sempit juga bisa dijadikan tempat berkebun. Simak tips berkebun di lahan sempit selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

CARA BERKEBUN DI LAHAN SEMPIT

Berkebun di lahan yang sempit bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, misalnya pemilihan jenis tanaman, pemilihan media tanaman dan model penempatan tanaman. Berikut ini beberapa cara berkebun di lahan yang sempit.

1. Berkebun Dengan Tanaman dalam kontainer

Hampir semua jenis sayuran bisa ditumbuhkan di dalam kontainer. Anda bahkan tidak perlu membeli kontainer, karena bekas bingkai jendela pun bisa disulap menjadi lahan berkebun. Setelah memiliki kontainer, Anda hanya perlu mengisinya dengan tanah yang baik, lokasi yang mendapat sinar matahari cukup, dan menyiram tanaman secara teratur. Jangan lupa anda bisa berkebun dalam lahan sempit dengan media kontainer ini untuk selalu memberikan pupuk yang cukup.

2. Metode Kebun vertikal

Berkebun tidak harus dilakukan di lahan yang luas. Sebab Anda juga bisa menciptakan kebun vertikal. Berkebun dengan cara vertikal merupakan cara yang efektif untuk menghemat lahan yang sempit. Dengan Cara tanaman vertikal, lebih banyak tanaman yang bisa ditanam. Caranya adalah menanam tanaman dalam pot dan menggantungnya di dinding. Atau pilih tanaman yang sifatnya merambat sehingga bisa dikembangbiakkan dengan cara vertikal.

3. Tanaman cepat tumbuh

Pilih jenis tanaman yang cepat tumbuh, misalnya sayuran selada. Selain selada termasuk sayuran yang menyehatkan, Anda juga akan merasa puas karena bisa menikmati hasil dari kebun sendiri meskipun lahannya sempit.

4. Tanaman berbeda

Meskipun Anda menanam sayuran yang cepat dipanen, Anda juga sebaiknya menumbuhkan tanaman yang masa panennya cukup lama. Misalnya selada dan tomat atau lobak dan cabai.

5. Berkebun Dengan Tanaman kerdil

Karena lahan berkebun Anda kecil, jangan memaksakan diri untuk menanam pohon buah-buahan. Namun ada solusi untuk masalah ini. Beberapa tanaman buah tersedia dalam bentuk kerdil. Sehingga Anda juga bisa menanamnya meskipun lahan berkebun tidak terlalu luas.

Sahabat berkebun, itulah beberapa cara berkebun pada lahan yang sempit. Meski anda tidak memiliki lahan yang luas anda tetap bisa menjalankan hobi dan kegiatan berkebun. Yang terpenting anda tahu bagaimana cara berkebun pada lahan yang sempit.(#merdeka)

0 comments:

Post a Comment