Tuesday, October 14, 2014

Jenis Tanaman Hias Kaktus

JENIS TANAMAN KAKTUS -- Meski memiliki duri yang cukup tajam, tanaman kaktus banyak digemari orang sebagai tanaman hias. Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik tanaman kaktus sebagai tanaman hias, diantaranya adalah bentuknya yang unik dan mudah dalam perawatannya. Tanaman kaktus sendiri bisa ditanam pada ruangan terbuka (outdoor) ataupun sebagai tanaman penghias ruangan. Hanya saja karena tanaman kaktus memiliki duri yang tajam penempatan tanaman kaktus harus bebas dari jangkauan anak-anak. Sebagai tanaman hias, kaktus memang layak untuk dipilih sebagai penghias ruangan anda.

Tanaman hias kaktus memiliki jenis yang sangat beragam, dan setiap jenis tanaman kaktus memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Selain bentuknya yang berbeda-beda, tanaman kaktus juga memiliki warna bunga yang bermacam-macam. Maka mengkoleksi tanaman hias kaktus dengan berbagai jenis biasa dilakukan oleh pecinta tanaman hias.

Jenis-Jenis Tanaman Kaktus

Jika anda tertarik menambah koleksi tanaman hias anda di rumah, mungkin  menanam tanaman kaktus bisa dicoba. Namun sebelum menanam tanaman kaktus ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis tanaman kaktus yang biasa di tanam oleh pecinta tanaman. Berikut Jenis-jenis Tanaman Kaktus :
1. Ball cactus
Ball Cactuss

Sesuai namanya Ball Cactuss merupakan spesies tanaman kaktus yang  memiliki bentuk seperti bola berduri. Ia tumbuh berkelompok dan bagus untuk digunakan sebagai tanaman hias. Kaktus ini tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, sehingga Anda harus menaruhnya di tempat yang teduh.

2. Kaktus Haworthia attenuata atau tanaman zebra
kaktus-zebra
Jenis Tanaman Kaktus Zebra

Ini mungkin adalah kaktus terbaik yang dapat tumbuh di dalam ruangan karena memiliki toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah. Haworthia adalah genus tanaman sukulen kecil yang endemik di Afrika Selatan. Jenis tanaman Kaktus Zebra ini umumnya menyerupai bentuk miniatur lidah buaya.

3. Pincushion cactus
Jenis Tanaman Kaktus Pincushion

Jenis kaktus Pincushion  memiliki duri yang halus. Mereka umumnya tumbuh dalam kelompok dan sangat minim perawatan. Pincushion cactus sendiri adalah nama umum yang diberikan kepada berbagai jenis kaktus kecil, yang memiliki bentuk menarik dan beragam. Anda dapat menemukan lebih dari 175 spesies kaktus kecil di seluruh dunia.

4. Kaktus Cereus tetragonus
Kaktus ini memiliki bentuk yang mirip dengan kastil dari negeri dongeng. Ada bagian yang tinggi dan pendek. Cereus tetragonus bisa digunakan sebagai tanaman pagar atau juga tanaman pot. Cereus tetragonus sendiri merupakan kaktus asli Amerika yang tingginya bisa mencapai 6 kaki atau hampir 2 meter.

5. Kaktus Gymnocalycium
Gymnocalycium adalah salah satu jenis kaktus yang berbunga indah. Anda dapat menanam mereka dalam pot kecil. Gymnocalycium atau sering disebut kaktus dagu, merupakan genus kaktus dari Amerika Selatan. Kata gymnocalycium sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti kelopak telanjang. Hal tersebut mengacu pada bantalan kuncup bunga yang tidak ditumbuhi duri sama sekali.

6. Kaktus Mammillaria Elongata
Kaktus-Mammillaria-Elongata
Kaktus Mammillaria Elongata

M. elongata meruapkan kaktus yang berasal dari Meksiko. Seluruh permukaan ditutupi oleh duri halus berwarna kuning dengan rapat. Pada bagian ujung daun, terdapat duri yang berwarna merah. Bagian batang nyaris tak terlihat akibat rapatnya duri halus kaktus ini. Biasanya tumbuh berkelompok. M. elongata semakin menarik dengan mekarnya bunga mungil yang berwarna putih.

7. Kaktus Mammillaria Elongata Var Intertexta
Dilihat sepintas, kaktus ini mirip dengan M. elongata. Namun tumbuhan hias ini mempunyai penampilan yang lebih kokoh dengan batang yang berukuran lebih besar. Batang tertutup duri kemerahan. Kaktus ini termasuk rajin berbunga dengan warna putih. Kaktus ini sangat pantas dijadikan penghias.

8. Kaktus Mammillaria Fraileana
Kaktus Mammillaria Fraileana

Jenis kaktus ini juga berasal dari Meksiko. Mempunyai batang berwarna hijau dengan betuk kolmnar. Disekitar batang utama akan tumbuh anak-anak kaktus sehingga kaktus ini akan tumbuh berkelompok. Seluruh batang ditumbuhi duri halus coklat kemerahan. Penampilan kaktus hias ini akan semakin mempesona dengan adanya bercak putih dan mekarnya bunga yang berukuran cukup besar berwarna merah dan putih.

Itu tadi adalah sedikit dari jenis tanaman hias kaktus yang bisa ditanamn di rumah anda. Ada banyak jenis tanaman kaktus di dunia ini, bahkan yang sudah ditanamn di rumah-rumah dan taman juga berkembang dalam jumlah yang banyak dan jenis yang bervariasi.

7 comments:

Khoirul Anam said...

good

Kurnia Sandhy said...

Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri, selain tahan dalam cuaca panas sekalipun, bentuknya pun sangat unik tidak lazim. Jika anda berminat menanam sendiri, silahkan lihat di link ini : http://kebunbibit.id/kaktus-dan-sukulen/

Dewi Aja said...

Halo Admin / Blogger :)

Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tanya, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting online yang lain untuk tujuan promosi ? :)
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Terima kasih.

Salam.

Muhammad Baharudin A said...

kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

Mas Rifa'i said...

bagus artikelnya :-)

abubakar shiddieq said...

jenis kaktus yg paling mudah dirawat apa ya?

Essi Lusiana wk said...

Tanaman favorite

Post a Comment