Thursday, November 6, 2014

Tanaman Hias Begonia Si Cantik Dan Eksotik

tanaman-hias-begonia
TANAMAN HIAS BEGONIA -- Tanaman hias yang satu ini ternyata tidak hanya indah dan menawan namun juga memiliki manfaat sebagai obat. Ya Tanaman Begonia memang menjadi tanaman hias yang menjadi koleksi pecinta tanaman di mana saja berada. Tanaman hias dari keluarga tanaman berbunga Begoniaceae ini ternyata memiliki lebih dari 1500 spesies di muka bumi ini sedang Begonia yang dari Indonesia sekitar 200-an spesies. Di alam liar tanaman hias begonua ini tumbuh diantara semak-semak dan praktis tidak begitu diperhatikan. Beberapa spesies Begonia memang tidak dijadikan tanaman hias karena dianggap biasa-biasa saja, namun beberapa spesies Tanaman Begonia begitu cantik dan eksotik.

Keindahan Tanaman Begonia

Tanaman Begonia biasanya tumbuh di alam liar pada hutan basah dan tempat-tempat yang lembab, di bawah naungan pohon dan lokasi tanah yang cukup humus. Tanaman Begonia memiliki daun yang  bentuk, warna, corak, dan ukurannya beragam serta  bunga yang juga beragam. Tanaman Begonia sendiri secara alami memiliki musim berbunga pada bulan Juni sampai September.

Pada mulanya Tanaman Begonia ini di kalangan pecinta tanaman hias kurang mendapatkan perhatian, masih kalah dengan jenis tanaman hias yang lain. Namun seiring bertambah waktu, pesona tanaman Begonia ini mampu menarik hati pecinta tanaman hias.  Apalagi saat Tanaman Hias ini sudah dikemas di dalam pot dengan media tanamn yang sesuai, Tanaman Begonia mulai dijadikan hiasan teras rumah.
tanaman-hias-begonia
Salah Satu Pesona Tanaman Begonia


Beberapa jenis Tanaman Begonia memiliki bentuk daun agak oval dengan serat yang tegas, jika dilihat seperti lidah.  Selain itu Tanaman Begonia memiliki bulu daun yang menyerupai permadani  halus dan tebal seperti  sutera, sehingga  beberapa penggemar tanaman hias menyebutnya tanaman lidah yang halusnya-sehalus permadani berbahan sutera.

Ada juga jenis Begonia yang  terbentuk dengan permukaan daun yang berlilin dan lembut, ada juga yang kasar dan penuh kerutan. Namun Hampir semua Begonia daunnya menghasilkan rizoma yang menjalar ataupun berada di dalam tanah.

Jenis-Jenis Tanaman Begonia

Ada banyak sekali jenis tanaman Begonia ini di dunia, namun untuk memudahkan dalam membedakan dari sekian ribu spesies Tanaman Begonia tersebut dibuat pembedaan dalam 3 klasifikasi, yaitu sebagai berikut :
1. Rex Begonia 
tanaman-rex-begonia
Tanaman Rex Begonia

Tanaman Begonia yang termasuk dalam klasifikasi Rex Begonia ini  terdiri dari : merry christmas, silver sweet, helen teupel

2. Rhizomatous Begonia 
Rhizomatous Begonia
Rhizomatous Begonia

Tanaman Begonia dalam kategori Rhizomatous Begonia terdiri dari : begonia erythrophylla, begonia bessie buxton, begonia maphil, begonia joe hayden, begonia iron cross.

3. Basket Begonia 
Basket Begonia

Tanaman Begonia yang masuk dalam  kategori Basket Begonia  adalah  : abel carriere, faliosa.

Cara Menanam Begonia

Tanaman Begonia merupakan tanaman yang menyukai air dan cukup lembab, sehingga cara merawat tanaman Begonia tidak lepas dari proses penyiraman yang dianjurkan dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Sesudah proses penyiraman dan penyinaran diperhatikan, maka untuk lebih mempercantik tanaman, dipergunakan perawatan ala anthurium, yaitu dengan menggunakan beberapa bahan yang bisa mengkilapkan daun.

Selain itu Tanaman Begonia akan tumbuh baik jika mendapatkan cahaya matahari yang cukup namun tidak langsung. Oleh karena itu penempatan tanaman begonia biasanya  di tempatkan di teras-teras rumah ataupun di dalam rumah. Bisa juga penempatan Tanaman Begonia pada tempat-tempat lain yang teduh, misalnya di bawah pohon atau naungan paranet.

Cara pengembangan Tanaman Begonia  bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara mengembangkan Begonia adalah dengan Setek irisan daun. Cara ini  paling sering dipakai untuk perbanyakannya. Kelebihan cara ini adalah dari satu daun dapat dihasilkan beberapa tunas baru.

Pemupukan Tanaman Begonia cukup dipupuk dengan pupuk yang memiliki kandungan  yang seimbang antara unsur N, P dan K. Aplikasi pupuk dilakukan secara hati-hati karena Begonia  memiliki akar serabut di bagian rizomanya yang sensitive. Jika sering dilakukan pemupukan akan terjadi akumulasi garam pada area perakaran dan menyebabkan akar mudah busuk. Aplikasi yang tidak hati-hati juga bisa menyebabkan daun tanaman menjadi terbakar. Penggunaan humus dirasa cukup untuk ketersediaan hara bagi tanaman begonia. Pemupukan dapat dilakukan 6 bulan sekali sekaligus saat penggantian media tanam, jika memang diperlukan dapat digunakan pupuk kimia yang bersifaf slow release.

Tanaman Begonia adalah tanaman hias daun dan juga tanaman hias bunga  yang memiliki keindahan dan kecantikan menawan. Meski ini adalah tanaman semak, namun pesona keindahan Tanaman Begonia semakin memikat pecinta tanaman hias.


3 comments:

Dewi Aja said...

Halo Admin / Blogger :)

Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting online yang lain dengan tujuan promosi ? :)
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Terima kasih.

Salam.

Muhammad Imran Ramadhan AR said...

mudah juga yah cara merawat tanaman hias begonianya, makasih tulisannya

Muhammad Imran Ramadhan AR said...

info tanaman hias lain: tanaman hias bunga kertas bougenville, tanaman hias bunga lotus, cara merawat tanaman hias gantung

Post a Comment