Saturday, November 1, 2014

Tanaman Suplir Tanaman Hias Daun Yang Menawan

cara-menanam-suplir
TANAMAN HIAS DAUN SUPLIR -- Tanaman suplir dikenal dengan nama latin Adiantum sp, hidup secara bergerombol membentuk rumpun. Di alam bebas, tanaman suplir hidup di pinggir-pinggir sungai, batu-batuan atau tempat-tempat yang lembab. Selain hidup di tanah, tanaman suplir juga bisa hidup menempel pada bebatuan dan cadas. Tanaman suplir merupakan Tanaman hias daun karena memang ia tidak memliki bunga yang dinikmati keindahannya. Meski di alam bebas hanya sebatas tanaman semak, namun saat ditanam di pot dan ada di teras rumah, pesona keindahan tanaman suplir akan memikat banyak orang.

Penempatan tanaman suplir biasanya dilakukan untuk penghias ruang tamu, teras atau taman rumah. Warna hijau daun tanaman suplir dan bentuk daun yang indah dan memberi kesan lembut akan menyejukkan mata. Dari kekerabatannya tanaman suplir merupakan tumbuhan paku yang hidup secara berumpun. Pesona Tanaman suplir ini bahkan sampai ke pecinta tanaman di Eropa, sampai-sampai mereka menyepadankan tanaman suplir dengan rambut Dewi Venus.

Cara Menanam Tanaman Suplir

Banyak yang berfikiran bahwa menanam tanaman suplir cukup sulit, namun sebenarnya tanaman suplir ini termasuk tanaman hias daun yang cukup mudah perawatanya. Penyebab tanaman suplir mati biasanya hanya karena kesalahan kecil dalam perawatannya. Berikut ini adalah cara menanam tanaman suplir dan cara merawat suplir agar tumbuh dengan baik.

1. Pemilihan Media Tumbuh Tanaman Suplir
Faktor yang memegang peranan cukup penting dalam menanam dan merawat suplir adalah pada pemilihan media tanamn suplir.  Biasanya kegagalan dalam menanam suplir adalah pemiilihan media yang tidak tepat. Pemilihan media tumbuh suplir yang tidak  tepat akan membuat pertumbuhan suplir akan terhambat, bahkan mati. Hal Ini disebabkan karena akar suplir berupa akar serabut yang lembut. Akar lembut ini sangat peka terhadap kondisi terlalu asam, terlalu kering, atau terlalu lembab.

Lantas media apa yang baik dalam menanam tanaman suplir ini ? Media tanam untuk suplir memiliki ciri- ciri sebagai berikut :teksturnya poros/remah dan warnanya kehitaman menyerupai kompos. Jika diukur dengan kertas lakmus, dalam kondisi lembab, derajat keasamannya (pH) mencapai 6-7. Jika digenggam, media yang baik akan terasa empuk seperti busa dan jika dilepas akan mengembang kembali seperti sebelum digenggam.

Bahan media tumbuh tanaman sulir biasanya berasal dari cincangan batang pakis/kadaka, humus dari tanaman kaliandra, atau humus dari daun bambu. Media tadi dicampur dengan pupuk yang terbuat dari kotoran kelinci atau kambing.  Namun penting diperhatikan kotoran kelinci atau kambing tadi sudah terfermentasi dengan baik.

2. Penempatan Tanaman Suplir
Tanaman Suplir adalah tanaman hias daun  yang membutuhkan sinar matahari yang cukup, tnamun  tidak boleh langsung  terkena sinar matahari. Jika sinar matahari langsung mengenai tanaman suplir maka akan menyebabkan kerusakan.  Jika ingin menempatkan tanaman suplir  di taman, Anda bisa menempatkan tanaman suplir ini di bawah pohon yang rindang atau yang lebih tinggi darinya.

Penempatan tanaman Suplir bisa juga ditempatkan pada teras rumah yang terlindung dari sinar matahari langsung, namun masih cukup sinar matahari. Meski demikian jangan simpan tanaman suplir ini di dalam rumah secara terus menerus, karena cenderung tidak mendapatkan pencahayaan dari matahari. Bisa ditaruh dalam ruangan namun perlu sesekali dipindah tempat agar terkena sinar matahari.

3. Perawatan Tanaman Suplir
Perawatan rutin dari tanaman suplir ini adalah penyiraman, namun jangan berlebihan dalam menyiram. Selain itu perlu dilakukan pemangkasan pada tanaman suplir jika ditemukan daun yang mengering atau mulai mengering. Jika anda menanam suplir di dalam pot, apabila pot sudah mulai penuh, bongkarlah pot itu san kurangi jumlahnya ( displit dalam beberapa pot lagi).

Selain melakukan penyiraman,perawatan tanaman suplir adalah dengan melakukan pemupukan secara rutin dengan pupuk organik paling tidak satu bulan sekali.  Selain pemupukan pengendalian penyakit dan hama tanaman suplir dilakukan dengan penyemprotan insektisida dan fungisida.

Nah pecinta tanaman Hias, itulah tadi beberapa cara menanam dam merawat tanaman suplir, yang merupakan jenis tanaman hias daun. Tanaman Suplir akan tumbuh dengan menawan apabila dilakukan perawatan dengan baik dan benar. Dan Cara merawat tanaman suplir tidaklah sulit, asal ada kemauan. Selamat Mencoba.

0 comments:

Post a Comment