Monday, March 30, 2015

Menilik Sejarah Tanaman Bonsai

SEJARAH TANAMAN BONSAI -- Seni tanaman bonsai menjadi sebuah aktivitas yang tidak pernah ada matinya semenjak dahulu. Harga tanaman bonsai juga tetap stabil tidak mengenal musiman. Kualitas tanaman bonsai yang berbicara bukan lagi harga yang terkatrol karena permainan. Seni tanaman bonsai memang sejarahnya sudah berlangsung sangat lama. Konon Bonsai Tanaman ini sudah muncul di Cina semenjak lebih dari seribu tahun yang lalu. Tanaman bonsai pada waktu itu dikenal dengan nama pun-sai.

Tanaman Bonsai pada waktu itu  banyak menampilkan  dedaunan jarang dan kasar, batang keriput yang sering tampak seperti binatang, naga dan burung. Ada sejumlah besar mitos dan legenda  di sekitar bonsai Cina. Bentuk  batang bonsai pada waktu itu berbentuk   aneh atau menyerupai hewan, yang sampai kini masih sering dijumpai.B onsai Cina berasal dari lanskap imajinasi dan gambar naga berapi-api dan ular melingkar.

Sampai akhirnya Bonsai dari Cina ini diadopsi oleh orang-orang dari Jepang pada zaman Kamakura (1185 - 1333) dengan cara Zen Buddhisme . Hingga kemudian seni tanaman bonsai  dengan cepat menyebar di seluruh Asia.

Seni Tanaman bonsai di Jepang mengalami perkembangan yang lebih sempurna melewati apa-apa yang belum ada di Cina. Seiring dengan berjalannya waktu, tanaman bonsai tidak hanya menjadi koleksi para biarawan Buddha , tetapi juga menjadi koleksi para bangsawan sebagai simbol prestise dan kehormatan. Seni Bonsai di Jepang merupakan perpaduan dari kepercayaan kuno yang kuat dengan filosofi Timur dari harmoni antara manusia, jiwa dan alam. Saat itu tanaman bonsai menjadi milik ekslusif bagi kaum bangsawan di Jepang.

Hingga akhirnya Pada pertengahan abad ke-19, setelah lebih dari 230 tahun isolasi global, Jepang membuka diri kepada seluruh dunia. Dengan cepat para wisatawan yang mengunjungi Jepang mengabarkan adanya pohon miniatur dalam wadah keramik yang menirukan usia, dewasa, pohon-pohon tinggi di alam. Pameran lanjut di London, Wina dan Paris di bagian akhir abad ini - terutama Pameran Dunia Paris pada tahun 1900 membuka mata dunia untuk bonsai.

Di Jepang Bonsai saat ini cenderung fokus pada menggunakan spesies asli seperti pinus, azalea dan maple  meskipun ini dianggap sebagai tanaman bonsai tradisional.

0 comments:

Post a Comment