Friday, June 3, 2016

Untung Besar dari Budidaya Singkong Gajah

BUDIDAYA SINGKONG GAJAH -- Bisnis budidaya pertanian singkong tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu bisnis budidaya yang menggiurkan adalah budidaya singkong gajah. Jenis singkong unggul asal Kalimantan Timur ini bisa berproduksi 15 sampai dengan 20 kg per batangya. Bahkan di wilayah asalnya per batang bisa mencapai 40 kg. Kelebihan lain dari Singkong Gajah ini adalah kemampuan tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, juga bisa tumbuh di tempat yang tergenang air.

Secara bisnis , budidaya singkong gajah ini cukup menjanjikan. Permintaan singkong di dunia Industri cukup besar. Ditambah lagi produktifitas dari singkong gajah ini sangat besar jika dibandingkan dengan singkong biasa.

Lokasi Menanam Singkong Gajah

Tempat menanam singkong gajah idealnya berada pada daerah dengan suhu udara diatas 10 derajat celcius. Karena jika daerah kurang dari suhu tersebut singkong gajah akan sulit untuk tumbuh dengan baik.

Lahan tempat menanam berada di tempat yang terkena sinar matahari selama 10 jam setiap harinya. Hal ini akan berdampak baik untuk pertumbuhan dan kesuburan tanaman singkang gajah. Singkong gajah merupakan jenis tanaman yang mudah dibudidayakan di segala jenis lahan, asalkan tidak terendam air dan ada naungan.

Pemilihan Bibit Singkong Gajah

Pemilihan bibit singkong gajah merupakan proses penting yang harus dilakukan.  Bibit singkong gajah berasal dari stek batang singkong dewasa. Sebaiknya indukan yang diambil untuk bibit minimal berusia 10-20 bulan.

Pilihlah batang yang kuat dan bebas dari penyakit, memiliki pertumbuhan normal, sehat dan seragam. Pilih batang yang telah berkayu dengan diamater ± 2,5 cm, lurus dan belum ada tumbuh tunas-tunas baru. Kualitas dari bibit yang digunakan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil budidaya singkong gajah, oleh kerena itu pastikan Anda untuk memilih bibit terbaik.

Cara Budidaya Singkong Gajah

Setelah dipilih bibit singkong gajah dan lahan dipersiapkan dengan baik saatnya bibit singkong gajah untuk ditanam.

Proses pemeliharaan ini mencakup pemupukan, pengairan, pembersihan lahan dari tanaman gulma, hama dan penyakit. Untuk pemupukan susulan diberikan ketika tanaman berumur 2 bulan yakni dengan memberikan MiG-6 Plus sebanyak 2 liter, kemudian pemebrian pupuk dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan dosis yang sama sampai tanaman berumur 8 bulan.

Perawatan selanjutnya adalah penyiangan dan pembersihan tanaman gulma. Dalam satu kali masa tanam biasanya dilakukan penyiangan sebanyak 2 kali. Selama masa penyiangan lakukan juga pengemburan tanah di sekitar tanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal.

Singkong gajah sudah mulai bisa dipanen ketika memasuki usia 8 bulan bila tujuannya untuk dijadikan bahan makanan. Tetapi bila ingin dijadikan tepung sebaiknya penen dilakukan ketika singkong berusia 10 bulan.

Salah satu ciri tanaman singkong sudah siap untuk dipanen bisa dilihat dari daunnya yang mulai menguning dan berguguran. Lakukan pemangkasan batang sampai sepertiganya atau sekitar 15 cm sehingga memudahkan untuk mencabutnya. Jangan menggunakan cangkul karena dikhawatirkan akan mengenai umbi singkong.

0 comments:

Post a Comment