Thursday, July 7, 2016

Jambu Madu Deli Cocok Ditanam Dalam Pot

JAMBU MADU DELI -- Meski namanya melekat pada salah satu daerah di Sumatera Utara, namun Jambu Deli cocok ditanam di sebagian besar wilayah Indonesia. Jambu Deli merupakan jambu dalam kategori jambu air. Jambu Deli ini dikenal pula dengan nama Jambu Madu Deli Hijau (MDH). Selain karena asalnya dari kawasan Deli, rasa daribuah Jambu Deli Madu ini sangat manis dan renyah, sehingga disematkan nama madu padanya.

Keunggulan Jambu Madu Deli Hijau  (MDH)

Jambu Deli Madu memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. Selain rasanya yang manis seperti madu, beberapa sifat baik lain dimiliki oleh Jambu Deli Madu ini. Sehingga Jambu Deli Madu layak untuk dibudidayakan. Beberapa keunggulan Jambu Deli Madu adalah sebagai berikut :
1. Jambu Deli Madu memiliki sifat berbuah yang terus menerus berbuah sepanjang musim.
2. Jambu Deli Masu tidak memiliki biji, seperti jambu air lainnya dan rasanya manis serta renyah.
3. Jarang terdapat larva pada buah Jambu Deli Madu meski banyak lalat buah mengerumuni.
4. Cocok ditanam pada area kebun, lahan sempit dan Pot.
5. Ukuran buah lebih besar,bisa mencapai sekepalan orang dewasa.
6. Cepat berbuah.
7. Perawatan Jambu Deli MAdu tidak rumit.
8. Potensi pasar masih besar.

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau

Merawat jambu madu deli sebenarnya tidak sulit, selama Anda mau menyisihkan waktu paling tidak 2 jam setiap hari, dapat dipastikan jambu madu Anda bisa berbuah sesuai dengan harapan Anda.  Jika ditanam di tanah langsung, Jambu Madu Deli Hijau akan tumbuh subur dibanding jika ditanam di dalam pot. Namun beberapa pengalaman lebih lambat berbuah.
Dalam merawat Jambu Madu Deli Hijau, berikut ini adalah caranya :

1. Memilih bibit Jambu Madu Deli Hijau berkualitas bagus

 Untuk mendapatkan buah yang berkualitas bagus, pemilihan bibit adalah hal utama yang harus dilakukan. Anda harus benar-benar pandai memilih bibit jambu madu yang berkualitas baik.

2. Menanam Jambu Deli Madu Pada Pot (Tabulampot)

Menanam jambu madu dapat dilakukan dengan teknik tabulapot, dan ini merupakan cara terbaik yang dilakukan oleh pekebun jambu madu di Lankat. Kelebihan dari teknik ini adalah Anda tidak memerlukan lahan yang luas (cukup dipekarangan rumah), pohon yang dihasilkan lebih pendek, lebih mudah dalam perawatan hariannya serta lebih memudahkan pada saat pemanenan.

3. Jarak Tanam Jambu Madu Deli

Setiap pohon jambu madu yang ditanam, diberi jarak sekitar 2,5 - 3,0 meter, agar pertumbuhan pohon tidak saling mengganggu.

4. Penyiraman Jambu Madu Deli

Lakukan penyiraman pohon pada pagi dan sore hari, namun bila cuaca sangat panas maka intensitas penyiraman bisa ditambah menjadi 3-4 kali setiap hari. Penyiraman dapat menggunakan teknik manual atau melalui irigasi tetes atau dengan kran otomatis.

5. Pemupukan Jambu Madu Deli

Pemupukan dapat dilakukan 1 kali seminggu dengan campuran pupuk NPK dan pupuk kandang namun jangan sampai terkena batang pangkal. Namun apabila sedang berbuah maka intensitas pemberian pupuk dapat ditambah menjadi 2x seminggu.

6. Penanganan Hama dan Penyakit

Untuk mendapatkan buah yang punya kualitas bagus, penanganan terhadap hama juga perlu dilakukan, salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan memasang kelambu untuk menghindari serangga perusak, seperti burung dan sebagainya. Selain itu bisa juga dengan cara membungkus buah jambu madu dengan plastik yang sebelumnya telah dilapisi dengan koran, untuk mencegah ulat dan serangga perusak buah lainnya.

7. Penanganan Pasca Panen Jambu Madu Deli

Setelah Jambu Madu Deli dipanen, ia akan segera bersiap untuk berbunga kembali. Namun kadang-kadang jambu akan macet produksi jika kurang nutrisi.  Karena itu perlu dilakukan pemupukan kembali pada Jambu dalam Pot.
Pemupukan dilakukan dengan pupuk kandang atau pupuk organik berupa cairan atau serbuk yg banyak dijual di toko pertanian. Pupuk kandang atau organik tersebut dicampur dg pupuk NPK dg kadar rendah krn unsur NPK tidak tersedia pada tanah begitu saja. Dan lebih baik lagi ditambah KCl atau KNO3 utk persiapan agar bunga tdk rontok.

Setelah 14 hari dilakukan  pemupukan tersebut perlu dilakukan pemangkasan untuk merangsang timbulnya calon bunga. Sisa pemangkasan bisa dijadikan sebagai entres untuk bibit jambu Madu Deli Hijau. Setelah satu bulan semenjak pemangkasan, biasanya akan muncul bunga jambu Deli.






0 comments:

Post a Comment