Friday, August 5, 2016

Yuk Bikin Hidroponik Dengan Sistem NFT

hidroponik-nft
MEMBUAT HIDROPONIK DENGAN SISTEM NFT -- Salah satu cara bertanam hidroponik yang banyak dipakai adalah sisten NFT (Nutrient film technique). Sistem hidroponik NFT ini banyak dipakai selain sistem Hidroponik dengan model Wick. Hidroponik model NFT banyak dipilih karena memiliki beberapa kelebihan dan mudah diaplikasikan.  Kelebihan metode hidroponik NFT ini adalah keseragaman nutrisi pada tanaman, pengairan yang baik dan mudah mengendalikan perakaran.

Pada dasarnya sistem Hidroponik dengan model NFT (Nutrient film technique) ini merupakan cara budidaya tanaman hidroponik dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi hidroponik yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen.  Air dialirkan pada sistem hidroponik dengan menggunakan pompa secara terus menerus tanpa menggunakan timer.
hidroponik-sistem-nft
Gambaran Hidroponik Sistem NFT


Yang penting untuk diperhatikan dalam membuat desain hidroponik NFT ini adalah air yang djadikan media tanam, harus selalu mengalir dengan baik dan nutrisi yang diberikan harus  mencukupi dan seimbang.

Kebutuhan Untuk Hidroponik Sistem NFT (Nutrient film technique)

Untuk menerapkan budidaya tanaman hidroponik sistem NFT ini kita bisa membeli sistem yang sudah jadi dan tinggal menerapkan. Namun jika ingin membuat sendiri sistem Hidroponik NFT, bisa menggunakan taalang air atau pipa PVC. Beberapa bahan dasar yang diperlukan untuk membuat hidroponik NFT adalah sebagai berikut :
1. Pipa PVC 3"
2. Bak Penampung Air
3. Media Tanam
4. Pot untuk Hidroponik
5. Pompa air celup (submerged pump), yang biasa untuk akuarium.
6. Bahan dan alat lain disesuaikan dengan model dan kebutuhan.

Tips Membuat Hidroponik Dengan NFT

Dalam membuat model hidroponik sistem NFT hal yang  harus  diperhatikan  adalah :
  • Tanaman disangga dengan sedemikian rupa sehingga akar tanaman menyentuh nutrisi yang diberikan. Penyangga berupa rak bisa dibuat dari kayu, besi atau pralon.
  • Kemiringan talang (1-5%) untuk pengaliran larutan nutrisi.
  • Buat lubang untuk netpot pada pipa-pipa. Jarak antar lubang disesuaikan keperluan. Untuk jumlah banyak bisa dibuat jarak antar pusat lubang 10 cm. Jika menggunakan talang air, tinggak menambahkan stirioform dan dibuat lubang pada stirioform tersebut.
  • Kecepatan aliran masuk tidak boleh terlalu cepat (dapat diatur oleh pembukaan kran berkisar 0.3-0.75 L/menit) dan lebar talang yang memadai untuk menghindari terbendungnya larutan nutrisi.
  • Hidroponik Sistem NFT merupakan alat hidroponik sederhana yang bekerja mengalirkan air, oksigen dan nutrisi secara terus-menerus dengan ketebalan arus sekitar 2-3 mm.
  • Setelah semua alat untuk tanaman Hidroponik NFT, masukkan media tanaman dan  tanaman siap ditanam pada hidroponik tersebut.


1 comments:

Blog Zombie said...

Terimakasih informasinya Jelly Gamat Walatra G Sea

Post a Comment