Friday, May 5, 2017

Mengatasi Lalat Buah Pada Tanaman

MENGATASI LALAT BUAH PADA TANAMAN -- Bukan hal baru jika anda menjumpai buah-buahan di kebun anda tiba-tiba busuk atau berlubang dan akhirnya gagal panen. Penyebab busuk pada buah salah satunya disebabkan oleh hama Lalat Buah. Lalat buah merupakan hama tanaman yang bisa menyerang buah apa saja misalnya jambu, mangga, belimbing, tomat , tanaman cabe dan lain sebagainya. Lantas bagaimana mengatasi lalat buah pada tanaman?



Lalat buah bisa menyerang tanaman di mana saja, baik tanaman buah yang ditanam di sawah, kebun, tanaman dalam pot dan dimana saja.  Lalat buah dan agas sendiri merupakan spesies lalat kecil dengan banyak kesamaan serta memiliki sifat yang unik. Lalat buah sebagian besar tertarik pada sayuran dan buah-buahan. Agas umumnya terlihat di dekat tanah yang lembab atau dekat tumpukan sampahmu. Jamur agas juga dapat ditemukan di dekat tanaman yang ada di dalam rumah.

Lalat buah dapat memperpendek umur buah-buahan dan sayuran organikmu yang mahal. Sedangkan agas dapat merusak tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman yang dapat dimakan.

Mengatasi hama lalat buah bisa menggunakan insektisida beracun, tetapi menggunakan insektisida untuk membasmi hama lalat buah bisa berbahaya untuk kesehatan. Karena itu para petani dan juga praktisi memberikan saran untuk mengatasi lalat buah dengan cara yang ramah lingkungan dan alami. Kini sudah ada beberapa insektisida alami  yang bisa dipakai untuk mengatasi hama lalat buah yang aman bagi kesehatan manusia.

Adapaun langkah-langkah mengatasi lalat buah alami lainnya adalah sebagai berikut:
1. Membungkus Buah
Cara mengendalikan hama lalat buah dengan cara bungkus buah ini hanya cocok diaplikasikan untuk buah-buahan tertentu saja dan jumlahnya sedikit. Kalau cumlahnya banyak sedikit repot. Caranya adalah bungkus buah dengan kantong plastik atau kain kelambu. Ini akan mencegah lalat masuk dan bertelur pada buah.

2. Menjaga kebersihan sekitar tanaman buah
Lalat suka dengan tempat-tempat kotor, karena itu untuk mengatasi serangan lalat buah upayakan tempat sekitar tanaman bersih. Buang sisa-sisa daun atau buah yang busuk dari lokasi tanaman. Jika perlu dilakukan pembakaran agar tidak mengundang lalat datang.

3. Menggunakan Penjebak Lalat
Beberapa bahan atau obat penjebak lalat banyak dijual di pasaran. Letakkan bahan penjebak lalat pada wadah atau botol bekas. Kemudian botol bekas tersebut diletakkan di sekitar pohon buah. Lalat akan lebih tertarik pada aroma bahan penjebak lalat tersebut dibanding hinggap di buah kesayangan anda. Bahan ini biasanya adalah metil eugenol, yang memiliki bau khas bagi lalat sehingga menarik perhatiannya.

4. Menggunakan Tanaman Perangkap lalat
Beberapa tanaman memiliki kandungan metil eugenol yang mengundang lalat untuk datang. Jika cara ketiga membasmi lalat buah adalah dengan cara bahan sudah jadi, cara membasmi lalat buah ini adalah dengan bahan yang masih asli. Tanaman seperti kemangi, pala dan juga kayu putih mengandung metil eugenol yang disukai lalat buah. Tanamlah tanaman-tanaman tersebut di sekitar tanaman buah. Lalat akan lebih tertarik mendatangi tanaman tersebut dibandingkan tanaman buah.

Nah itulah beberapa tips mengatasi hama lalat buah pada tanaman di kebun anda. Selamat mencoba, semoga sukses mengatasi lalat buah di kebun.

0 comments:

Post a Comment