Tuesday, July 25, 2017

Mengatasi Penyakit Tanaman Jeruk

MENGATASI PENYAKIT TANAMAN JERUK -- Meski ditanam pada media pot dalam jumlah sedikit, penyakit pada tanaman jeruk kerap kali membuat kegagalan panen. Ada berbagai jenis penyakit pada tanaman jeruk yang sering hinggap. Ada penyakit tanaman jeruk yang membuat pertumbuhan terganggu, gagal panen, buah rusak hingga penyakit tanaman jeruk yang mengakibatkan kematian tanaman.



Untuk mengatasi berbagai jenis penyakit pada tanaman jeruk tersebut, perlu dilakukan identifikasi gejala penyakit dan jenis penyakit tanaman jeruk tersebut sehingga bisa dilakukan penanganan dan pengobatan penyakit tanaman jeruk dengan tepat.

Penyakit Tanaman Jeruk dan Penanggulangan

Berikut ini adalah jenis penyakit tanaman jeruk beserta cara penanggulangannya :
1. Penyakit Buah Busuk Pada Jeruk
Penyakit buah busuk pada jeruk merupakan penyakit yang paling sering menyerang buah jeruk. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Penicillium spp. Phytophtora Citriphora, Botryodiplodia Theobromae. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan beberapa hal, salah satunya pemangkasan bagian bawah pohon secara teratur.

2. Penyakit Tristeza
Penyakit ini kerap menyerang pada bagian batang dan daun, yang juga dapat menghambat pertumbuhan dari pohon jeruk yang ditanam. Apabila tanaman jeruk terserang penyakit ini, batang dari pohon jeruk akan terlihat melekuk. Tanda lain juga bisa dilihat dari warna daun yang terlihat pucat. Penyakit ini disebabkan oleh virus Tristeza. Cara untuk membasmi penyakit ini dengan memberikan pestisida Supracide atau cascade.

3. Penyakit Blendok
Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang mempunyai nama ilmiah Diplodia Natalensis. Bagian yang diserang adalah batang atau cabang pohon. Gejala yang ditimbulkan berupa warna batang yang menjadi kebau-abuan dan juga kulit batang kering dan mengelupas. Untuk mengatasi penyakit ini bisa dengan pemotongan cabang yang terinfeksi secara teratur.

4. Penyakit Buah Gugur Prematur
Satu lagi penyakit yang kerap menyerang buah jeruk yaitu buah yang gugur prematur. Penyebabnya adalah jamur Fusarium sp. Colletotrichum sp. Alternaria sp. Gejala yang nampak dari penyakit ini adalah buah tiba-tiba jatuh dari pohonnya beberapa minggu sebelum siap panen.

5. Penyakit Busuk Akar dan Batang
Penyakit ini seperti namanya, menyerang bagian akar dan batang dari pohon jeruk. Gejala yang terlihat adalah keberadaan tunas tidak segar di sekitar batang. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phyrophthoranicotianae. Untuk mengatasinya, bisa dengan cara memberi fungisida dan pengolahan pengairan yang baik.

6. Penyakit Embun Tepung
Penyakit Embun Tepung Tanaman Jeruk

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Odidium Tingitanium. Bagian yang diserang adalah daun dan tangkai bunga. Gejala yang terlihat adalah keberadaan tepung berwarna putih pada permukaan daun. Untuk mengatasi penyakit ini bisa menggunakan fungisida Pyrazophos (Afugan) atau Bupirimate (Nimrot25 EC).

7. Penyakit Jamur Upas
Penyakit jamur upas pada tanaman jeruk  disebabkan oleh jamur yang mempunyai nama ilmiah Upasia salmonicolor. Bagian yang diserang adalah bagian batang pohon. Gejala yang terlihat adalah retakan pada batang dan kulit yang sulit dikelupas. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan Fungisida Carbolineum.

8. Penyakit Kanker
Penyakit kanker juga bisa menyerang tanaman jeruk.  Kanker jeruk merujuk pada gejala yang terdiri dari bercak berwarna hijau kehitaman pada tepi buah dan juga luka membesar pada buah jeruk yang ditanam. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris Cv. Citri. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan Fungisida Cu seperti Bubur Bordeaux atau Copper Oxychlorida.

9. Penyakit Woody Gall
Penyakit ini biasanya menyerang jenis jeruk nipis, manis, atau sour orange. Gejala yang bisa dilihat untuk mengidentifikasi penyakit ini adalah keberadaan tonjolan tak teratur pada tulang daun. Penyakit ini disebabkan oleh virus Citrus Vein Enation. Cara menanggulanginya dengan pembuatan sanitasi yang baik serta pemberian insektisida.

10. Penyakit CVPD
Penyakit ini disebabkan oleh organisme, tepatnya jenis kutu loncat yang mempunyai nama ilmiah Diaphorina Citri. Penyakit ini menyerang bagian batang pohon jeruk yang ditanam. Gejala yang bisa dilihat seperti buah jeruk yang dihasilkan mempunyai ukuran yang kecil, serta rasa buah yang sangat masam. Untuk menghindari penyakit ini, buatlah sanitasi yang baik pada lahan pertanian Anda.

0 comments:

Post a Comment