Tuesday, February 13, 2018

Cara Agar Angrek Berbunga Lagi

CARA AGAR ANGGREK BERBUNGA LAGI -- Membeli bunga anggrek yang tengah berbunga memang pilihan menyenangkan. Kita bisa melihat bunga aslinya tanpa takut keliru  tidak sesuai harapan, terlebih lagi bagi orang awam dan membeli bukan di tempat terpercaya. Namun membeli anggrek yang tengah berbunga juga bukan tanpa resiko. Jika bunga sudah lama mekar maka sebentar lagi anggrek akan layu dan rontok.



Kalau bunga anggrek sudah rontok apakah bisa berbunga lagi ? Jawabannya anggrek yang sudah berbunga bisa kembali berbunga. Namun setelah berbunga tanaman anggrek mengalami masa dormansi. Pada masa dormansi ini tanaman anggrek mengumpulkan energi untuk kembali berbunga. Beberapa anggrek hibrid akan terus berbunga selama ada kecukupan energi atau masa dormansinya pendek dan kembali berbunga dalam waktu yang cepat.

Agar tanaman anggrek berbunga kembali kuncinya adalah perawatan pada masa dormansi ini. Perawatan selama anggrek berbunga juga menunjang. Pada saat berbunga berikan pupuk yang cukup agar tidak mengambil cadangan makanan, sehingga proses recoveri saat dormansi menjadi lebih cepat.

Cara Perawatan Anggrek Agar Berbunga Lagi

Perawatan anggrek agar cepat berbunga kembali bisa dilakukan sebagai berikut:
1. Letakkan anggrek pada tempat lebih teduh dan dingin
Meski masing-masing jenis anggrek memiliki perlakuan berbeda, namun menempatkan anggrek pada tempat yang lebih dingin dan teduh membantu proses recoveri yang lebih cepat untuk berbunga.

2. Pemupukan Seimbang Secara rutin
Langah selanjutnya untuk membuat anggrek cepat berbunga kembali adalah melakukan pemupukan seminggu sekali dengan pupuk NPK seimbang (20-20-20). Pemupukan dilakukan melalui daun dan akar. Pemupukan melalui daun lebih cepat diserap tanaman. Waktu pemupukan adalah pagi jam 07-10 atau sore sekitar jam 16.00 sampai jam 17.30. Atau bisa lihat situasi jika terlalu gelap jangan dilakukan.

3. Penggantian Media (repotting)
Pengantian media tidak harus dilakukan, lihat kondisi jika pot terlalu penuh dengan akar mati bisa dibersihkan dan diganti pot dan media baru.

4. Lakukan penyiraman
Seperti perawatan harian, lakukan penyiraman secara rutin sesuai kebutuhan. Kelembaban lingkungan juga perlu dijaga. Setelah mulai muncul calon bunga bisa dipindahkan ke tempat semula.

Nah itulah beberapa tips membuat tanaman anggrek berbunga kembali. Mudah bukan? hanya memerlukan kesabaran dan kasing sayang agar anggrek berbunga indah kembali.

0 comments:

Post a Comment