Wednesday, November 12, 2014

Pesona Tanaman Sikas

tanaman-sikas
TANAMAN SIKAS -- Tanaman sikas merupakan salah satu tanaman hias dari keluarga suku Cycadinea. Selain dikenal dengan tanaman sikas, di Indonesia tanaman ini dikenal juga dengan nama Pakis Haji. Konon tanaman Sikas ini sudah ada semenjak jutaan tahun yang lalu pada saat Dinosaurus masih ada. Konon lagi tanaman sikas ini merupakan makanan dinosaurus. Sebagai tanaman hias tanaman sikas ini memiliki pesona yang menawan. Perpaduan antara batang dan daunnya membuat sikas ini banyak diminati sebagai penghias taman rumah. Penyebaran tanaman pakis haji atau sikas ini juga sangat luas baik di daerah tropis dan sub tropis.

Yang membuat orang teratik dan terpikat oleh tanaman sikas atau pakis haji ini pada  daun-daunnya yang anggun, hijau gelap tetapi mengkilap. Bentuk daun seperti bulu dan tumbuh mengarah ke luar dari batang. Panjang daun bisa mencapai 75 cm, bahkan lebih. Selain daunnya, tampilan batangnya yang berwarna cokelat dan berjonjot-jonjot juga menambah kesan anggun. Pertumbuhan batang amat lambat. Jadi jika Anda mendapatkan batang sikas setinggi 1 meter berarti tanaman sikas sudah berumur sekitar 10 tahun.

tanaman-sikas
Tanaman Sikas Yang Indah
Tanaman Sikas merupakan tanaman berumah 2, ada jantan dan betina, yang bisa dibedakan pada waktu keluar 'bunga' (cone). Yang jantan biasanya kurus dan panjang sedang yang betina pendek dan bulat seperti bola rugby. Di alam penyerbukan dibantu oleh serangga, tetapi dengan banyaknya habitat yang rusak dan perbedaan waktu keluarnya bunga jantan dan betina penyerbukan semakin sulit terjadi. Bantuan manusia sangat dibutuhkan untuk menjaga kelestarian populasi di alam.

Cara Merawat Tanaman Sikas

Untuk menanam tanaman sikas di taman anda, perlu dikonsidikan taman sesuai dengan habitat asli tanaman sikas itu sendiri. Tanaman sikas akan tumbuh dengan subur apabila ia mendapatkan  sinar matahari secara tidak langsung. Itulah sebabnya disarankan menanam atau meletakkan sikas di tempat-tempat yang teduh atau terlindung. Namun jika anda akan menempatkan tanaman sikas alam ruangan, tanaman sikas membutuhkan cahaya buatan berupa lampu berkekuatan 400 fc (foot candle).

Media Tanam Tanaman Sikas

Untuk penanaman tanaman sikas di dalam pot, media tanam pakis haji ini adalah campuran berupa tanah subur, pupuk kompos, dan pasir (1:1:1). Untuk meningkatkan kesuburan sikas, media tanam masih ditambah dengan bahan lain. Pedomannya untuk setiap 5 kg media tanam butuh 1,5 sendok teh super phospat (20%), 1 sendok teh pupuk NPK (5-10-5), dan 1 sendok makan kapur.

Media Tanam untuk tanaman sikas bisa juga menggunakan pasir malang, tanah lembang, pupuk kandang (kotoran ayam yg telah di fermentasi), kapur dolomit dan pupuk slow release dekastar dengan komposisi N yang tinggi. Campur media tersebut hingga merata dan taburkan ke dalam pot atau permukaan tanah.

Pemupukan Tanaman Sikas

Meskipun tanaman sikas bisa tumbuh baik di tanah yang miskin hara, namun tetap saja ia memerlukan pemupukan. Karena itu tanaman sikas memerlukan pemupukan secara teratur.  Tanaman sikas akan tumbuh jauh lebih maksimal dengan pemberian pupuk yang teratur.


1 comments:

Agro Tanaman said...

Terima kasih, sangat bermanfaat sekali informasi pandunnya, terkait perawatan sikas

Post a Comment