Monday, November 21, 2016

Cara Menanam Okra Tanaman Penyembuh Diabetes

TANAMAN OKRA PENYEMBUH DIABETES --  Di Indonesia tanaman okra belum banyak dikenal, namun di negara-negara seperti Jepang, Cina,Malaysia hingga India tanaman okra sudah dikenal sebagai tanaman sayuran. Kini Okra ini sudah mulai bisa ditemukan di super market, toko buah dan sayuran. Khasiat dari tanaman okra inilah yang dijual di Indonesia yaitu menyembuhkan penyakit diabetes. Manfaat okra untuk menyembuhkan diabetes berasal dari kandungan musilane (semacam lendir) pada buah okra.



Tanaman Okra sebenarnya mudah untuk dibudidayakan di Indonesia, namun masih jarang. Hal ini mungkin disebabkan masih minimnya info tentang manfaat tanaman okra. Selain itu tanaman okra memang bukan berasal dari Indonesia tetapi dari benua Afrika.

Cara Menanam Tanaman Okra

Jika anda tertarik untuk melakukan budidaya tanaman okra dan ingin menanam okra di pekarangan rumah , itu tidak sulit. Tanaman Okra bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah, tinggi dan menengah. Okra akan tumbuh maksimal pada wilayah dengan ketinggian 600 - 700 m.

1. Persiapan Lahan Untuk Tanaman Okra

Okra tumbuh baik di tanah yang subur yang banyak mengandung nutrisi. Anda bisa memperkaya tanah menggunakan kompos, pupuk organik.  Siapkan media tanam bisa di pot atau tanah langsung dengan campuran pupuk kandang dan tanah.

2. Penanaman Okra

benih biji okra
Biji Benih Tanaman Okra

Tanaman Okra bisa ditanam dari bijinya. Benih tanaman okra ini bisa anda peroleh dari toko-toko pertanian. Jika masih kesulitan menemukan benih biji okra, anda bisa membelinya secara online. Silahkan browsing benih biji okra di Internet. Selanjutnya jika benih biji kra sudah didapatkan, biji tanaman Okra bisa langsung ditaburkan pada media tanam, tidak perlu disemai. Jika akan disemai juga tidak mengapa. Setelah disemai jaga kelembapan tanah, jangan sampai kekeringan. Alangkah baiknya sebelum disemai biji okra direndam dalam air, selanjutnya jika sudah tumbuh tunas baru disemai.

3. Perawatan Tanaman Okra

Perawatan tanaman okra seperti halnya tanaman sayuran lainnya. Lakukan penyiraman secukupnya . Jangan lupa bersihkan lingkungan tanaman okra dari gulma pengganggu. Pangkaslah daun-daun yang kira kira terlalu rimbun dan menutupi yang lainnya. Tambahkan pupuk kompos atau NPK untuk menambah kesuburan tanaman okra.
pemangkasan-okra
Pemangkasan Tanaman Okra

4. Pemanenam Tanaman Okra

Tanaman okra secara normal akan bisa dipanen buahnya pada usia 8 minggu atau sekitar 2 bulan. Biasanya ukuran okra sudah mencapai 5 sampai dengan 7.5 cm.

0 comments:

Post a Comment