Friday, May 12, 2017

Cara Menanam Selada Dalam Pot

MENANAM SELADA DALAM POT -- Tanaman Selada banyak dijumpai  untuk berbagai keperluan sayur dan juga lalapan.  Budidaya tanaman selada biasanya dilakukan pada daerah yang berada di dataran tinggi. Meski demikian  kita bisa melakukan budidaya selada atau menanam selada di rumah meski lokasi bukan di dataran tinggi. Solusinya adalah menanam selada di dalam pot. Cara menanam selada di dalam pot cukup mudah, berikut akan dijelaskan mengenai cara menanam selada di dalam pot.



Sebelum menanam selada di dalam pot ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk menanam selada di dalam pot adalah : pot atau polybag dengan ukuran diameter 25 - 30 cm. Bisa juga menggunakan botol atau kaleng bekas. Selanjutnya adalah bibit selada, selanjutnya adalah media untuk menanam selada dalam pot.

Pembibitan Selada

Tanaman selada yang akan ditanam bisa dari biji atau benih selada yang sudah disemaikan. Namun lebih mudah didapatkan menggunakan yang dari biji. Benih selada dalam bentuk biji tersebut bisa disebarkan langsung pot atau polybag tempat menanam selada. Namun lebih baik disemaikan terlebih dahulu di tempat persemaian selama kurang lebih satu bulan, atau disaat bibit tanaman tersebut telah memiliki 3 – 5 helai daun.

Pembibitan dengan persemaian selain dapat menghemat benih, juga memudahkan pemeliharaan bibit, karena bibit yang akan dipindah tanamkan dapat terlebih dahulu diseleksi.

Media Tanam Selada dalam Pot

Media tanamn untuk selada dalam pot adalah campuran dari tanah,kompos,sekam,pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:1. Pupuk kandang yang digunakan harus sudah betul-betul matang untuk menghindari tumbuhnya mikroorganisme yangn tidak diharapkan. Semua media untuk menanam selada dalam pot tersebut dicampurkan terlebih dahulu di luar pot secara merata. Pastikan semua sudah tercampur dengan benar.

Setelah tercampur semuanya, media tanamn selada dimasukkan ke dalam pot/polybag. Lakukan pemadatan pada media di dalam pot dengan tangan. Sedapat mungkin hindari mengunakan pupuk kimia, agar selada yang dihasilkan adalah selada organik. Menggunakan media tanam dengan kompos dan pupuk kandang yang cukup sudah mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman selada sehingga tidak perlu pupuk kimia sebagai tambahan.

Menanam Selada Dalam Pot

Setelah media tanam siap digunakan pada pot, benih selada yang memiliki 4-5 daun bisa ditanam pada pot. Jangan lupa sebelum benih selada ditanam, basahi dulu media tanamn dengan air dengan melakukan penyiraman.

Jika anda menanam benih selada dari biji, bisa disebarkan pada media langsung. Namun perlu diperhatikan penyebarannya agar tidak terlalu banyak sehingga tanaman terlalu rapat.

Merawat Tanaman Selada

Setelah benih tanaman selada ditanam letakkan pada tempat yang terkena naungan selama beberapa hari. Setelah itu baru bisa dipindahkan atau naungan dilepaskan. Perawatan tanaman selada cukup mudah karena tinggal melakukan penyiraman secara teratur.

Selanjutnya kita tinggal menunggu panen dari tanaman selada dalam pot. Masa panen selada dalam pot kurang lebih dua bulan. Atau bisa lebih cepat jika pertumbuhan bagus dan ukuran panen tidak terlalu besar.

0 comments:

Post a Comment