Friday, September 15, 2017

Mengatasi Daun Menguning Pada Tanaman

MENGATASI DAUN MENGUNING PADA TANAMAN -- Salah satu ciri kesehatan tanaman bisa dilihat dari warna daunnya. Warna daun yang hijau segar menandakan tanaman sehat, sebaliknya warna daun yang menguning menandakan ada masalah dengan kesehatan tanaman tersebut. Warna daun yang menguning biasa terjadi pada tanaman yang tidak sehat. Ini adalah mekanisme alami tanaman untuk mempertahankan diri dan tetap survive, merontokkan daun untuk menghemat nutrisi makanan. Sebagi kebuner kita harus peka terhadap hal-hal yang demikian.



Jika tanaman kebun adan mengalami gejala daun menguning kemudian bahkan rontok, anda sudah perlu waspada dan berjaga-jaga.Something wrong with them. Ada beberapa penyebab daun menguning pada tanaman. Penanganan masalah daun menguning pada tanaman juga tergantung pada sebab apa daun menjadi kuning.

Beberapa Sebab Daun Tanaman Menguning

1. Tanaman Menguning Karena Kurang Air
Air sangat diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang, tentu saja jika kurang air tanaman akan mencoba menggugurkan daunnya agar proses transpirasi tidak terganggu. Untuk mengatasi tanaman menguning karena hal ini cukup mudah, anda harus rajin menyirami tanaman.

2. Daun Menguning Karena Kelebihan Air
Kelebihan air akan mengakibatkan kebusukan pada akar, sehingga proses penyerapan nutrisi makanan dari tanah akan terganggu. Kelebihan air ini akan menyebabkan daun tanaman menjadi kuning. Solusinya adalah jangan terlalu banyak menyiram, atau bisa mengganti media tanam dengan media yang tidak menahan air tetapi bisa menjaga kelembaban.

3. Kekurangan Sinar Matahari
Tanda tanaman kekurangan cahaya itu daun terlihat pucat dan lemah. Bentuk tanaman kurang proporsional dengan batang lebih panjang dibanding batang normal umumnya (etiolasi). Kekurangan sinar matahari juga dapat menyebabkan daun tanaman menjadi kuning. Untuk mengatasi hal ini, cukup memindahkan tanaman ke tempat yang lebih yang lebih banyak sinar matahari.

4. Kekurangan Nutrisi Menyebabkan Daun Menguning
Nutrisi untuk tanaman berasal dar unsur hara dalam tanah. Kekurangan unsur hara ini akan membuat daun tanaman menjadi kuning. Beberapa unsur hara yang membuat daun menjadi kuning adalah sebagai berikut:

Kekurangan Kalium
Bagian ujung daun dan tepi daun berubah menjadi kuning. Untuk mengatasinya bisa dengan menambahkan pupuk Kalium (KNO3) atau dengan kompos yang berbahan baku sayur atau buah-buahan.

Kekurangan Nitrogen
Bagian tepi daun, ujung dan bagian tulang daun menjadi kuning, sedangkan bagian lainnya tetap hijau. Untuk mengatasinya bisa menggunakan pupuk nitrogen (UREA, ZA) atau dengan pupuk organik

Kekurangan Calsium
Daun berubah bentuk menjadi abnormal.

Kekurangan Zinc
Daun menunjukan tanda perubahan warna lebih cerah diantara tulang daun.

Kekurangan Zat Besi
Daun menjadi kuning, ukuran kecil namun tulang daun hijau.

Kekurangan Magnesium
Tanda kekurangan magnesium terlihat garis putih di sepanjang tulang daun.

5. Daun Tanaman Menguning karena Hama dan Penyakit
Tanda serangan hama bisa dilihat pada sekitar daun terdapat hama yang berkumpul, seperti kutu daun, thrips, tungau. Hama tersebut merupakan vektor virus kuning yang biasanya menyerang tanaman cabai, tomat, terong, kacang panjang. Gejala kuning pada daun berupa bercak kuning dan terkadang ditandai perubahan bentuk daun. Cara mengatasi serangan hama bisa dengan penyemprotan insektisida yang tepat.

0 comments:

Post a Comment