Wednesday, September 6, 2017

Agar Manggis Dalam Pot Cepat Berbuah

AGAR MANGGIS DALAM POT CEPAT BERBUAH-- Tanaman manggis menjadi lebih populer saat diketahui manfaat dari  kulitnya. Melalui iklan ekstrak kulit manggis membuat orang makin tahu manfaat kulit buah manggis. Di luar itu buah manggis merupakan buah manis dan lezat rasanya. Satu kelehmahan tanaman manggis adalah usianya yang lama untuk bisa berbuah. Apalagi memerlukan lahan luas untuk menanam mangguis agar bisa berbuah. Itu dulu, sekarang kita bisa menanam manggis dalam pot yang berbuah cepat.



Buah Manggis yang cocok ditanam di dalam pot adalah tanaman yang berasal dari perbanyakan vegetatif. Perbanyakan vegetatif manggis berasal dari cangkokan indukan manggis dewasa yang telah berbuah. Kini banyak dijual bibit manggis hasil cangkokan.

Nah setelah anda menemukan bibit tanaman manggis hasil perbanyakan vegetatif, selanjutnya siapkan media tanam manggis di dalam pot. Media tanam manggis di dalam pot hampir sama dengan tanaman dalam pot lainnya. Medianya adalah Kompos, Sekam Padi, kotoran kambing dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah media tanam manggis di dalam pot siap, masukkan bibit tanaman manggis vegetatif yang bisa cepat berbuah tadi ke dalam pot. Ingat Pot jangan diisi penuh, hal ini dimaksudkan jika penambahan pupuk kandang tidak terlalu penuh.

Setelah ditanam, langkah selanjutnya adalah perawatan dan pemupukan tanaman manggis dalam pot. Perawatan berupa penyiraman secara teratur, terutama saat musim kemarau. Pemupukan dilakukan dengan memberikan pupuk kimia  NPK 15-15-15 dengan dosis 25 gram per tanaman. Pemupukan kimia ini dilakukan  4 bulan sekali.

Selain pupuk NPK, pupuk untuk tanaman manggis dalam pot adalah pupuk kandang dengan dosis 5—10 kg diberikan enam bulan sekali. Pupuk diberikan dalam piringan melingkar sedalam 5—10 cm dengan cara dibenamkan . Cara lain pemupukan dengan pupuk NPK adalah dengan melarutkan NPK dalam air, selanjutnya disiramkan pada akar tanaman.

Langkah perawatan manggis agar cepat berbuah adalah dengan melakukan pemangkasan tanaman. Pemangkasan dilakukan saat tanaman manggis mencapai tinggi 1 meter. Batang utama  yang dipangkas  disisakan setinggi 80 cm dari permukaan tanah.

Setelah dipangkas akan tumbuh tunas, tunas yang muncul dipelihara 3—4 batang yang baik untuk menghasilkan cabang primer.Pemangkasan kedua dilakukan saat tinggi tunas primer mencapai 1 meter atau sekitar 3-6 bulan. Selanjutnya Cabang yang dihasilkan adalah cabang sekunder. Selanjutnya dilakukan  pemangkasan ketiga untuk menghasilkan cabang tersier sehingga diperoleh pola percabangan 1-3-9-27. Dari Cabang Tersier inilah muncul buah manggis yang lebat.

Untuk mempercepat pembuahan tanaman manggis dan mengupayakan buah di luar musim, caranya adalah dengan memberikan zat pengatur tumbuh (ZPT), seperti KNO3, CEPA, dan Paklobutrazol.

0 comments:

Post a Comment