Sunday, October 30, 2016

Tips Memupuk Tanaman Buah Dalam Pot

TIPS MEMUPUK TANAMAN BUAH DALAM POT -- Ketersediaan nutrisi bagi tanaman pada media pot sangat mutalk diperlukkan dan harus selalu disediakan. Kendala media yang sempit membuat tanaman buah dalam pot (Tambulampot) tidak bisa mencari makanan sendiri secara leluasa. Karena itu diperlukan pemupukan secara berkala pada Tanaman buah dalam pot. Pemupukan harus dilakukan secara tepat, jika tidak bisa jadi tanaman tumbuh subur, namun tidak berbuah.

Cara Memupuk Tanaman Dalam Pot

Pemupukan tanaman buah dalam pot selain bertujuan membuat tanaman subur juga membuat tanaman buah dalam pot bisa berbuah lebat dan tidak rontok. Pemupukan pada tanaman buah dalam pot sendiri dilakukan secara berkala setiap tiga sampai 4 bulan sekali. Pupuk yang digunakan juga dikombinasikan antara pupuk organik,pupuk kandang  dengan pupuk kimia.

Pemberian pupuk kimia pada tanaman buah dalam pot dilakukan dengan menambahkan NPK (15:15:15) sebanyak 25 gram setiap pot atau drum. Pada usia tanaman 3 tahun dan seterusnya, setiap drum diberi 100 gramNPK (15:15:15). Caranya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, lalu siram hingga cukup basah.

Membuat Tanaman Dalam Pot Cepat Berbuah

Untuk memacu buah di luar musim pada tambulampot pemupukan dengan pupuk organik dapat memacu tabulampot berbuah di luar musimnya. Perlakuan tersebut dengan menggunakan pupuk organik, terutama dari hewan. Contoh pupuk organik yang sering digunakan adalah kotoran ayam ,kambing,kelinci atau sapi.

Agar tanaman buah dalam pot cepat berbuah bisa di lakukan dengan cara menbuat kondisi bibit menjadi stres,teknik ini akan lebih mudah di lakukan di musim kemarau,karena akan lebih cepat membuat tanaman layu dan stres. Stres air berguna  merangsang agar tanaman pot cepat berbuah lebat cara sangat mudah, yang perlu dilakukan adalah dengan cara jangan melakukan penyiraman dengan waktu tertentu.

Caranya adalah dengan menghentikan penyiranam pada bibit hingga dau menguning dan layu,kemudian kita siapkan pupuk kimia (NPK) yang di larutkan dengan air dan di diamkan selama 24 jam,lalu siram bibit yang stres tadi mengunakan cairan pupuk yang di siapkan tadi.

Lakukan pemupukan tersebut 10 hari sekali dengan komposisi 5 gram pupuk + air/ batang. Waktu yang ideal adalah 3 minggu bibit mulai berbunga,satelah bibit berbunga lakukan penyiraman rutin dan bila perlu lakukan penyemprotan insektisida.



0 comments:

Post a Comment