Friday, January 20, 2017

Pupuk Alami Dengan Air Cucian Beras

PUPUK ALAMI CUCIAN BERAS -- Sahabat berkebun, tentunya kita semua ingin tanaman di pekarangan kita tumbuh subur dan menyenangkan. Semua tahu bahwa untuk membuat tanaman bisa tumbuh subur diperlukan pupuk tanaman. Nah ada satu bahan murah meriah yang bisa kita jadikan sebagai pupuk alami untuk tanaman. Pupuk alami untuk tanaman murah meriah itu adalah air cucian beras atau dalam bahasa daerah dikenal dengan leri. Ternyara Air cucian beras ini memiliki manfaat sebagai pupuk tanaman.



Air cucian beras dikatakan sebagai pupuk alami murah meriah karena hampir setiap hari kita memasak beras menjadi nasi. Sebelum dimasak beras kita cuci dan air cucian beras kita buang sebagai limbah. Nah jika ternyata air cucian beras ini bermanfaat sebagai pupuk alami tanaman, sayang kan jika dibuang. Mendingan manfaatkan air cucian beras ini untuk memupuk tanaman kesayangan di kebun atau teras rumah kita.

Nah kenapa air cucian beras ini bisa berfungsi sebagai pupuk alami tanaman? berikut penjelasan secara ilmiah mengapa air cucian beras bermanfaat sebagai pupuk alami tanaman.  Di dalam air cucian beras terkandung beberapa zat karbohidrat berupa pati (85-90 persen), protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan vitamin yang tinggi.

Selain itu, formulasi air cucian beras merupakan media alternatif pembawa P. fluorescens yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan pemicu pertumbuhan tanaman.

Warna keruh bekas cucian itu menunjukkan bahwa lapisan terluar dari beras ikut terkikis. Meskipun banyak nutrisi yang telah hilang, namun pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yang sangat bermanfaat tersebut. Misalkan fosfor (P), salah satu unsur utama yang dibutuhkan tanaman dan selalu ada dalam pupuk majemuk tanaman semisal NPK.

Fosfor berperan dalam memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda. Nutrisi lainnya adalah zat besi yang penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) juga berperan penting dalam pembentukan karbohidrat, lemak dan protein.

Selain itu kulit ari juga mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi. Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim).

Cara Memupuk Tanaman Dengan Air Cucian Beras

Jika melihat kandungan dan manfaat air cucian beras yang bisa membantu pertumbuhan tanaman, sayang kan jika harus dibuang. Mendingan manfaatkan air cucian beras sebagai pupuk alami.  Berikut ini adalah cara memanfaatkan air cucian beras sebagai pupuk alami :
1. Pada saat mencuci beras, air bekas cucian ditampung pada wadah.
2. Diamkan air cucian beras tersebut selama beberapa menit.
3. Selanjutnya siramkan air cucian beras tersebut pada bagian tanah, pot atau akar tanaman. Namun sebaiknya jangan mengenai daun tanaman, karena akan membuat warna daun menjadi bercak-bercak yang mengganggu keindahan daun tanaman. Terlebih lagi jika tanaman tersebut adalah tanaman hias jenis daun.

Sebaiknya setelah ditampung segera disiramkan pada tanaman, karena jika dibiarkan lama dalam tampungan, misal sehari lebih akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Nah gampang kan memanfaatkan air cucian beras sebagai pupuk alami. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment