Tuesday, February 21, 2017

Cara Menanam Srikaya Jumbo Dalam Pot

MENANAM SRIKAYA JUMBO DALAM POT -- Buah Srikaya merupakan salah satu jenis buah yang bisa ditanam pada pot atau Tabulampot. Tanaman Srikaya memiliki banyak jenis misalnya saja Srikaya lokal, Srikaya bangkok, srikaya Jumbo dan lain sebagainya. Masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda, misal dari ukuran buahnya. Nah menanam Srikaya Jumbo dalam pot adalah ide menarik yang bisa dilakukan.



Langkah Menanam Srikaya Jumbo Dalam Pot


Media Srikaya Jumbo Dalam Pot

Siapkan pula media tanam Srikaya Dalam Pot dari campuran  tanah, pupuk kandang, dan serbuk gergaji (2 : 1 : 1) atau campuran tanah, sekam, dan humus  (1 : 1 : 1). Sebelum media dimasukkan ke dalam pot, lapisi dasar pot dengan pecahan genting atau bata merah, baru media tanam dimasukkan setengah ukuran pot.

Dalam memindahkan bibit Srikaya ke dalam pot, tanah pada pot lama/polybag ikut dimasukkan ke dalam pot agar akar-akarnya tetap utuh tidak putus. Selanjutnya tambahkan media sampai ketinggian kurang dari 2 cm dari bibir pot. Setelah itu siram dengan air. Letakkan tanaman Srikaya Jumbo pada daerah yang teduh selama kurang lebih seminggu. Setelah itu baru bisa dipindahkan ke tenmpat yang dikehendaki.

Perawatan Harian Srikaya Jumbo Dalam Pot

Penyiraman Tanaman Srikaya Dalam Pot

Penyiraman Srikaya dalam pot dilakukan jika dirasa medianya cukup kering. Pada musim penghujan dan posisi tanaman srikaya dalam pot ada di luar ruangan tidak diperlukan penyiraman.
Pada musim kemarau penyiraman dilakukan sampai 2 kali dalam sehari. Untuk lebih menyegarkan tanaman penyiraman disertai dengan daun dan dahanya.

Pemupukan Tanaman Srikaya Dalam Pot


Pemupukan Tanaman Srikaya dalam pot dengan Pupuk Kimia bisa diberikan NPK 15-15-15 dengan dosis 25 gram/tanaman dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Selain pemupukan tersebut, Tanaman Srikaya dalam pot bisa dipupuk dengan pupuk organik setiap dua minggu sekali. Ada berbagai macam pupuk organik yang tersedia di pasaran, dosisnya bisa mengikuti petunjuk masing-masing merek. Aplikasinya juga bisa disemprotkan ke daun atau disiramkan pada media tanam.

Pemupukan Srikaya dalam Pot juga penting dilakukan pada saat berbunga, berikan pupuk NPK 15-10-32 atau NPK untuk bunga dengan dosis 25 gram per tanaman.

Pemangkasan Tanaman Srikaya Dalam Pot

1. Lakukan Pemangkasan batang utama tanaman.

Pemangkasan satu batang utama tanaman srikaya jumbo  akan menghasilkan beberapa cabang primer. Dari cabang primer yang tumbuh, pelihara tiga cabang saja untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

2. Pemangkasan Batang Primer

Dari tiga cabang primer yang  dihasilkan, dilakukan pemangkasan hingga hanya menyisakan cabang sepanjang 50—70 cm. Dari pemangkasan cabang ini akan menghasilkan cabang sekunder.

3. Pemangkasan Cabang Sekunder

Sama seperti perlakukan pada  cabang primer, cabang sekunder yang tumbuh juga hanya dipelihara masing-masing 3 cabang saja,  total akan ada  9 cabang. Cabang yang dipelihara ini setelah tumbuh maksimal bisa dipangkas juga agar menghasilkan cabang tersier.

4. Pemangkasan Cabang Tersier

Dari cabang tersier yang ada, peliharalah sekitar 27 cabang. Dari cabang inilah nantinya bunga bakal bermunculan dan kemudian disusul dengan buah yang tumbuh menjuntai.

Agar Tanaman Srikaya Dalam Pot Cepat Berbuah

Kita bisa melakukan perlakuan agar tanaman Srikaya dalam pot bisa cepat berbuah dengan lebat. Setelah melakukan perawatan seperti di atas dengan baik pada usia tanaman sekitar 1.5 tahun,  pangkas 2—3 daun di ujung cabang dan sisakan tangkainya sepanjang 2—4 mm. Setelah masa 6-10 hari akan tumbuh tunas baru disertai bunga.

Selanjutnya petik ujung bunga ketika masih kuncup agar cepat merekah.Pada saat bakal buah muncul, lakukan seleksi buah. Bakal buah yang tidak normal dibuang dan pertahankan buah yang berada di batang yang lebih besar dan berbentuk normal. Untuk menghindari serangan hama bungkus buah sedari awal. Tunggu hingga buah srikaya menjadi besar dan siap untuk dikonsumsi.

0 comments:

Post a Comment