Thursday, April 13, 2017

Cara Agar Tabulampot Rajin Berbuah

CARA AGAR TABULAMPOT RAJIN BERBUAH -- Anda mempunyai masalah pada tabulampot yang tidak kunjung berbuah padahal usianya sudah cukup dan pernah berbuah lebat saat dibeli. Problem Tanaman Buah dalam Pot (tabulampot) mogok berbuah memang kerap dialami oleh penghobi tanaman. Ada tabulampot yang dibeli pada saat berbuah lebat dan menyenangkan, namun mogok setelah dirawat di rumah. Nah bagaimana Cara agar tabulampot rajin berbuah?



Jika tabulampot anda masih berusia muda wajar saja jika tidak kunjung berbuah karena memang belum saatnya. Namun ada tips yang bisa dilakukan agar Tabulampot cepat berbuah. Namun jika umur dan usia sudah cukup tetapi tidak berbuah harus ada cara-cara agar tabulampot rajin berbuah.

Menurut Windiartaji, praktisi tanaman buah,kunci agar tanaman buah dalam pot rajin berbuah adalah pada asupan nutrisi tanaman. Seperti diketahui tabulampot memiliki media yang terbatas, karena itu harus rajin memastikan agar nutrisi pada tanaman tercukupi. Nutrisi tanaman tabulampot adalah pada pupuk yang diberikan. Pupuk untuk tabulampot adalah kombinasi antara pupuk organik dan non organik. Pupuk kandang  lebih direkomendasikan dalam jumlah yang lebih besar, sedangkan pupuk kimia sifatnya pelengkap saja.

Dalam memberikan pupuk pada tabulampot,  penting juga diperhatikan jenis tanaman yang dipotkan. Tabulampot tanaman semusim seperti jambu dan jeruk akan berbuah terus menerus, sedangkan tanaman tahunan semacam lengkeng dan mangga akan mengalami masa istirahat sebelum mulai berbuah lagi. Keduanya memiliki perbedaan dalam memberikan pemupukan.

Pada tanaman semusim di tabulampot, perlu dipupuk secara kontinu atau terus menerus juga. Pemupukan tabulampot tanaman semusim dilakukan dalam sebulan menurut  jadwal misal minggu pertama, berikan pupuk daun yang disemprotkan,pada minggu kedua diberikan pupuk kocor, lalu minggu ketiga disemprot pestisida,demikian pemupukan dilakuka seterusnya.  Setiap dua atau tiga bulan sekali kita berikan pupuk anorganik, seperti NPK. Dosisnya tergantung besarnya tanaman. Sekitar 300 gram sampai 1 kg per pot. Pada saat mulai berbunga, tanaman diberikan pupuk dengan kandungan kalium tinggi seperti KNO3.

Pemupukan tabulampot untuk tanaman tahunan dilakukan seperti tanaman semusim tadi. Namun setelah masa panen pemupukan harus dilakukan, karena pada masa ini energi tanaman habis untuk buah. Setelah panen segera berikan pupuk organik seperti pupuk kandang yang mengandung N tinggi. Pemberian pupuk setelah panen ini harus segera untuk mempercepat revcoveri dan membantu tunas segera tumbuh.

Pemberian pupuk organik ini bermanfaat menetralisir residu pupuk kimia yang diberikan.  Pupuk korganik yang bagus adalah yang berasal dari kotoran kambing basah. Kotoran kambing yang masih basah  mengandung unsur hara yang masih utuh. Selain itu urin domba juga mengandung auksin (hormon tumbuh) yang baik untuk perakaran tanaman.

Pada bulan ketiga, tanaman perlu diberikan pupuk dengan kandungan fosfor (P) dan kalium (K) yang tinggi untuk merangsang pembungaan. Biasanya menggunakan NPK. “Untuk tanaman tahunan, memang  perlu dikombinasikan antara pupuk organik dan anorganik. Tapi berikan pupuk anorganik yang nonresidu, sesuai dosisnya. Jangan sampai pada masa pembungaan diberikan pupuk organik, karena membuat tidak mau berbuah.

Perawatan tabulambot agar rajin berbuah selanjutnya  adalah setelah terbentuk pentil buah, berikan pupuk dengan kandungan K dan asam amino yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerontokan pentil buah dan mutu buah yang terbentuk juga akan bagus.
Memasuki masa pembesaran buah, masukkan pupuk anorganik masih yang mengandung K dan asam amino tinggi, ditambah pupuk bermagnesium (Mg) tinggi. Kandungan Mg ini dibutuhkan untuk pembentukan gula buah, buah tidak menjadi mengkal, dan tidak pecah-pecah.

Untuk menjamin agar tabulampot rajin berbuah adalah pada pemilihan media tanam yang digunakan. Pada beberapa tulisan telah dibahas mengenai media tanam tabulampot yang baik. Intinya agar tabulampot rajin berbuah adalah pada pemberian nutrisi dan perawatan yang tepat. Memang butuh ketelatenan namun jika kita senang melakukannya akan menyenangkan apalagi saat tabulampot rajin berbuah.







0 comments:

Post a Comment