Tuesday, April 4, 2017

Tips Menanam Anggur Brazil

anggur-brazil
MENANAM ANGGUR BRAZIL -- Mendengar tanaman anggur orang akan berfikiran pada tanaman yang merambat dengan buah yang berkelantungan pada para-para. Namun akan berbeda jika anda melihat tanaman Anggur Brazil. Anggur Brazil atau yang dikenal dengan nama Jaboticaba ini tidak merambat seperti tanaman Anggur biasanya. Anggur Brazil tanamanya seperti tanaman buah lainnya, berkayu dan bisa menjulang tinggi. Selain itu buah dari Anggur Brazil menempel pada batang pohonnya.

Tanaman Anggur Brazil merupakan tanaman dari keluarga Jambu-jambuan, yang berasal dari Brazil. Karena itu di Indonesia Jaboticaba lebih dikenal dengan nama Anggur Brazil. Yang unik dari Anggur Brazil ini adalah rasa buahnya, rasa khas anggur dipadu dengan rasa sirsak,durian  dan kulit yang asem membuat segar buah Anggur Brazil.

Popularitas Anggur Brazil kini memang mulai naik, awalnya Anggur Brazil hanya ditanam di beberapa lokasi seperti Kabun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas. Kini Anggur Brazil banyak ditanam di pekarangan baik di tanah langsung maupun ditanam pada media pot (Tabulampot). Selain itu Anggur Brazil juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat bonsai.

Karena citarasa buah Anggur Brazil yang enak dan masih langka, harga jual Anggur Brazil di Supermarket mencapai Rp.100 ribu/kg. Namun karena rasa buah yang enak, Buah Anggur Brazil banyak diburu orang.

Cara Menanam Anggur Brazil

Anggur Brazil termasuk tanaman yang mudah tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun anda harus bersabar menantinya berbuah. Anggur Brazil akan berbuah setelah berumur 8 tahun dari biji. Bibit Anggur Brazil dapat dibeli dari biji atau hasil okulasi. Bibit Anggur Brazil dari okulasi ini lebih cepat berbuah. Masih menjadi tanda tanya apakah ada bibit Anggur Brazil dari hasil pencangkokan. Jika ada bibit Anggur Brazil dari hasil cangkok tentu lebih cepat berbuah.

anggur-brazil-pot
Anggur Brazil Dalam Pot

Setelah menanam Anggur Brazil anda cukup merawatnya dengan baik seperti merawat tanaman buah yang lain. Pemberian pupuk yang cukup, menyiram air yang cukup dan pengendalian hama dan penyakit. Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan dahan-dahan yang tidak perlu jika terlalu rimbun. Pemupukan juga perlu dilakukan dengan kotoran kambing. Ada pemiliki kebun Buah Anggur Brazil yang menambahkan kotoran kambing setiap tiga bulan sekali.

Perawatan lain dari Tanaman Anggur Brazil ini saat  tanaman sudah dewasa, perlu diberi tambahan perangsang pembungaan atau inisiasi serta memperbanyak penyiraman pada bagian batang pohon. Buah Anggur Brazil akan muncul pada bagian batang dengan warna hijau, selanjutnya berubah warna hingga lama-lama menjadi hitam. Buah Anggur Brazil yang sudah hitam berarti sudah matang dan siap disantap.

Jika anda menanam Anggur Brazil di dalam pot, yang penting dilakukan adalah pemilihan media dan potnya. Pot disesuaikan dengan ukuran tanaman Anggur Brazil. Media yang digunakan adalah Kompos:Sekam:Kotoran Kambing dengan perbandingan 1:1:1. Perawatan selanjutnta sama dengan proses di atas.

0 comments:

Post a Comment