Friday, April 7, 2017

Tips Merawat Pohon Tin Agar Cepat Berbuah

pohon-buah-tin
TIPS MERAWAT POHON TIN AGAR CEPAT BERBUAH -- Buah asal timur tengah ini kini tengah menjadi idola pecinta tanaman. Buah Tin dikenal lezat dan memiliki ragam manfaat untuk kesehatan. Meski berasal dari kawasan Timur Tengah yang berhawa panas, tanaman buah Tin bisa juga hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Tidak hanya bisa hidup di Indonesia, tanaman buah Tin juga bisa menghasilkan buah. Merawat Tanaman Buah Tin bisa ditanam pada tanah langsung atau ditanam di dalam pot.



Buah Tin sebenarnya memiliki beragam jenis antara lain Buah Tin Green Jordan, Buah Tin purple Jordan , Buah Tin Brown Turkey, Buah Tin Red Israel, Buah Tin Syrian dan masih banyak jenis Buah Tin yang lain. Sampai saat ini terdapat lebih dari 50 jenis atau varietas buah tin yang hidup di berbagai kawasan di seluruh dunia.

Tanaman Buah Tin bisa tumbuh menjuntai hingga sepuluh meter, namun tidak usah khawatir jika anda ingin menanam buah tin di dalam pot. Buah Tin di dalam pot dapat berbuah dengan ukuran yang kecil, sehingga serasi dengan pot yang dipakai untuk menanam buah tin.

Aneka Jenis Buah Tin


Karakter Tanaman Buah Tin

Tanaman Buah tin memiliki karakter suka pada sinar matahari yang penuh. Hal ini sesuai dengan asal buah tin di negeri timur tengah sana. Namun demikian bukan berarti tanaman buah tin bisa dibiarkan kering kerontang tanpa disiram apalagi saat musim kemarau. Hendaknya media tanam dari tanaman buah tin tetap lembab, meski terkena sinar matahari penuh. Namun jangan sampai media tanam ini becek dan terlalu banyak air karena akan membuat tanaman buah tin busuk. Untuk mengatasinya pilihlah media tanam yang bisa menyimpan air namun tidak becek.

Komposisi media tanam buah tin bisa komposisi mesia tanaman buah dalam pot lain yaitu kompos:pupuk kandang: tanah:sekam padi dengan perbandingan 1:1:1:1. Bahkan beberapa penghobi menyarankan untuk tidak menggunakn tanah, tetapi cukup kompos: pupuk kandang : Sekam padi.

Merawat Pohon Tin

Pohon Tin yang ditanam bisa berasal dari stek , cangkok atau biji. Untuk menanam buah tin dalam pot agar cepat berbuah, anda bisa membeli dari stek atau cangkok. anda bisa membeli bibit buah tin di berbagai toko bibit buah yang sudah cukup banyak.
Tanaman Buah Tin Berbuah Lebat


Pot yang disediakan untuk menanam buah tin, kira-kira yang memiliki diameter 50 cm. Masukkan media yang sudah dipilih ke dalam pot dan masukkan pula bibit tanaman buah Tin.

Pemberian pupuk bisa dilakukan pada masa awal pertumbuhan selain pupuk alami yang tercampur dengan media tanam. Perawatan lain yang penting adalah membersihkan daun-daun yang sudah tua dan menguning agar tidak menimbulkan penyakit. Jangan sampai tanaman buah tin ternaungi oleh tanaman lain, tempatkan pada posisi yang terkena sinar matahari penuh dan langsung.

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman buah tin adalah ulat penggerek batang dan juga jamur. Ulat penggerek batang sering menyerang tanaman buah tin. Pencegahan manual dengan  membunuh manual atau penyemprotan insektisida. Jamur juga bisa menjadi penyakit mematikan pada tanaman buah tin apalagi di Indonesia kondisinya lembab.

Jika dirawat dengan baik tanaman buah tin dapat dipanen dengan segera setelah buah berwarna merah. Pada mulanya buah berwarna hijau dan perlahan-lahan mulai berubah warna.

0 comments:

Post a Comment